Sabtu, 30 Agustus 2008

Kejutan dari John McCain di Pengumuman Cawapres


Jumat, 29 Agustus 2008 | 23:36 WIB

DAYTON, JUMAT - Calon wakil presiden AS dari partai Republik John McCain membuat kejutan besar dalam pertarungan merebut kekuasaan di Gedung Putih dengan menunjuk Sarah Palin sebagai calon wakil presidennya. Sarah Palin merupakan gubernur perempuan pertama di negara bagian yang kaya akan minyak, Alaska.

"Gubernur Palin merupakan eksekutif tangguh yang telah membuktikan diri selama masa baktinya bahwa ia telah siap menempati tampuk kekuasaan tertinggi di Gedung Putih," kata kubu kampanye McCain."Palin telah menyatukan Republik dan Demokrat di masa kekuasaannya dan mempunyai catatan kesuksesan dalam menyampaikan perubahan dan pembaharuan yang diperlukan di Washington."

Penunjukkan Palin (44), seorang ibu dengan 5 anak, menandai resiko politik besar yang ditempuh McCain. Penunjukkan Palin dinilai akan menghambat upaya McCain untuk menjaring suara dari pendukung Hillary Rodham Clinton yang tak rela menyumbang suaranya bagi Barack Obama.

Palin yang baru pertama kali menjabat sebagai gubernur di Alaska sejak tahun 2006 tidak mempunyai pengalaman politik nasional. Namun kubu kampanye McCain berusaha membela keputusannya dengan menyatakan Palin, sebagai gubernur Alaska, mempunyai pengalaman luas di isu energi, isu penting dalam agenda pemilihan presiden di tengah melambungnya harga bahan bakar dan kelesuan ekonomi AS.

Tidak ada komentar: