Senin, 01 September 2008

Konvensi Republik Terancam


Presiden Bush Kemungkinan Tidak Hadir

AP photo/Keith Srakocic / Kompas Images
Calon presiden AS dari Partai Republik, Senator John McCain, memperkenalkan putrinya, Meghan, saat berkampanye di Washington, Pennsylvania, Sabtu (30/8).
Senin, 1 September 2008 | 03:00 WIB

ST Louis, Minggu - Konvensi Nasional Partai Republik terancam ditangguhkan menyusul mendaratnya topan Gustav di pesisir Negara Bagian Louisiana, AS. Konvensi dimulai hari Senin (1/9) ini di St Paul, Minnesota, untuk mencalonkan secara resmi kandidat presiden AS, John McCain, dan wakilnya, Sarah Palin.

Dalam sebuah wawancara untuk acara Fox News Sunday, Minggu, McCain mengatakan, seburuk-buruknya, dia bisa menunda pelaksanaan konvensi jika Gustav menyebabkan tragedi kemanusiaan yang sama seperti topan Katrina di New Orleans tahun 2005.

”Sangat tidak pantas untuk menyelenggarakan pesta, sementara tragedi atau situasi mengerikan terjadi tidak jauh dari kita dalam bentuk bencana nasional,” kata McCain.

McCain bersama Palin, Minggu, mengubah kunjungan prakonvensi menjadi kunjungan ke Mississippi yang tengah menanti datangnya Gustav. Topan kategori empat yang membawa angin dengan kecepatan hingga 233 kilometer per jam itu diperkirakan mendarat hari Senin atau Selasa.

Para gubernur dari negara bagian di sekitar Teluk Meksiko, termasuk Louisiana dan Mississippi, mungkin memutuskan untuk tidak menghadiri konvensi jika topan Gustav menimbulkan kerusakan serius.

Pejabat Partai Republik di Minnesota mengatakan, sejauh ini belum ada rencana mengubah program konvensi. Presiden George W Bush dijadwalkan berpidato pada pembukaan konvensi, Senin malam waktu setempat.

Namun, Bush kemungkinan tidak hadir karena memantau persiapan menghadapi topan Gustav. ”Presiden Bush kemungkinan tidak datang ke Minnesota. Kami tengah menyiapkan rencana pengganti,” kata juru bicara Gedung Putih, Dana Perino, Minggu.

Wakil Presiden Dick Cheney dan Ibu Negara Laura Bush masih berada dalam jadwal untuk berpidato, Senin ini.

Para pemimpin Partai Republik sangat sensitif terhadap dampak politis topan Gustav. Citra Partai Republik belum sepenuhnya pulih akibat buruknya respons pemerintahan Presiden Bush terhadap dampak topan Katrina yang menewaskan 1.800 orang.

Keamanan ketat

Menjelang pelaksanaan konvensi pada 1-4 September, keamanan di lokasi konvensi diperketat. Ribuan pemrotes, terutama aktivis anti-Perang Irak, diperkirakan membanjiri tempat pelaksanaan konvensi di Xcel Energy Center, terutama saat Bush berpidato.

Sekitar 45.000 delegasi, tamu undangan, dan wartawan akan hadir dalam konvensi itu. Badan-badan keamanan pemerintah dikerahkan untuk mengamankan jalannya konvensi.

Sheriff kota Ramsey, Bob Fletcher, mengatakan, polisi menggeledah sejumlah rumah, Sabtu, dan menangkap lima orang yang diduga mengacau. Penggeledahan itu dimaksudkan untuk mencari kelompok kriminal yang berencana memblokade bus yang membawa delegasi ke konvensi.

Konvensi Nasional Partai Republik tahun 2004 di kota New York diwarnai protes besar-besaran dan penyusupan berulang kali oleh sejumlah pemrotes ke dalam gedung tempat konvensi digelar. Sekitar 1.800 orang ditangkap dengan beragam tuduhan dan kemudian dibebaskan.

Wali Kota St Paul Chris Coleman mengatakan, bukan pemrotes yang dikhawatirkan, melainkan orang-orang yang datang untuk melemparkan batu dari jendela atau melempari petugas keamanan.

Kampanye pertama

McCain dan Palin memulai kampanye pertama mereka, Sabtu, di Pennsylvania. Pennsylvania adalah negara bagian kunci yang dipenuhi warga kulit putih dan kelas pekerja pendukung Demokrat yang masih hati-hati terhadap kandidat presiden AS dari Demokrat, Barack Obama. Dalam pemilihan pendahuluan, negara bagian ini memberikan kemenangan besar bagi rival Obama, Hillary Clinton.

Kehadiran Palin diharapkan bisa menarik pendukung Hillary yang belum rela dengan kekalahan kandidat mereka. Secara mengejutkan, pengumuman pencalonan Palin sebagai pendamping McCain telah menghasilkan dana hampir 7 juta dollar AS pada Jumat pekan lalu. Hasil itu merupakan pengumpulan dana terbanyak dalam satu hari sepanjang kampanye Republik. (ap/afp/reuters/fro)

Tidak ada komentar: