Senin, 08 September 2008

MALAYSIA



Putra Mahathir Incar Posisi Badawi

Senin, 8 September 2008 | 03:00 WIB 

Malaysia, Minggu - Mukhriz Mahathir, putra mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Minggu (7/9) di Kuala Lumpur, mengumumkan tekadnya untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Organisasi Nasional Melayu Bersatu atau UMNO pada pemilihan ketua partai akhir tahun ini. Dia adalah pengkritik PM Abdullah Ahmad Badawi di dalam UMNO.

”Jika saya diberi mandat memimpin generasi muda UMNO, tujuan saya adalah mengembalikan partai ke jalannya dan mendorong penghimpunan kembali momentum yang telah hilang,” kata Mukhriz.

Tak layak lagi

UMNO memperoleh hasil pemilihan umum terburuk pada pemungutan suara 8 Maret lalu sehingga kehilangan dua pertiga mayoritas di parlemen. PM Abdullah setelah itu menghadapi seruan agar mengundurkan diri. Mahathir termasuk tokoh yang paling keras mendorong penggantian Badawi, yang dulu dia pilih sebagai penggantinya.

Mukhriz mempertanyakan catatan prestasi PM Malaysia itu setelah mendapatkan kekuasaan dari Mahathir pada 2003. Dia menuduh Abdullah tidak cukup kuat membangun Malaysia di tengah korupsi yang merajalela, ekonomi yang buruk, dan meningkatnya kejahatan.

”Abdullah tidak seharusnya bersaing sebagai pemimpin pada pemilihan umum akhir tahun nanti,” ujarnya.

Mukhriz menegaskan, jika Abdullah masih memimpin, dalam tiga bulan setelahnya partai akan kembali terbawa dalam arus kegiatan biasa, padahal hal itu tidak baik bagi partai.

”Kita membutuhkan perubahan yang bisa kita yakini dan itu harus terjadi,” lanjut Mukhriz. (AFP/OKI)

Tidak ada komentar: